Pernah dengar istilah KOL? KOL Merupakan Key Opinion Leader yang kini menjadi elemen penting untuk mendukung kesuksesan campaign digital suatu Bisnis guna memasarkan brand agar menjadi lebih dikenal.
KOL sangat berhubungan erat dengan influencer, karena KOL inilah yang menjadi penghubung antara Brand dengan Influencer.
Definisi gampangnya, KOL adalah seseorang yang mencari influencer yang memenuhi kriteria tertentu untuk membuat konten seputar brand tertentu.
Bukan hanya di dunia bisnis, KOL bahkan kini juga sering digunakan untuk berbagai aktivitas yang berhubungan dengan dunia digital, misalnya untuk personal branding orang tertentu.
Nah, bagi kamu yang mau jadi KOL khususnya KOL Beauty, yuk simak beberapa tips berikut ini agar aktivitas kamu saat mencari influencer bisa memberikan hasil yang baik!
Table of Contents
Pintar Pasang Rate Card
Sebagai KOL, kita akan sering bersentuhan dengan yang namanya negosiasi, rate card, dan brief. Kita mulai dari rate card dulu, ya! Pada dasarnya rate card ini biasanya yang pasang adalah si influencer. Jika sang KOL masih keberatan dengan harganya, dilakukanlah negosiasi rate card.
Maka dari itu, seorang KOL harus tahu betul berapa rate card yang pas untuk influencer A, influencer B, dan seterusnya.
Jangan sampai KOL menyetujui rate card terlalu mahal atau terlalu murah. Karena keduanya sama-sama bakal merugikan baik untuk brand (dalam hal ini perusahaan) atau bagi influencer.
Salah satu solusi terbaik untuk kebutuhan rate card adalah menggunakan tools yang bisa menghitung rate card.
Mudahnya Hitung Rate Card dengan KOL.ID
Tools dari KOL.ID bakal berguna banget untuk para KOL maupun influencer. Yap, KOL.ID menyediakan layanan buat rate card dengan berbagai kelebihan.
Platform tersebut menyediakan tools hitung rate card untuk KOL Instagram, TikTok, Youtube, dan lainnya!
KOL.ID juga sudah berpartner dengan banyak brand-brand terkenal mulai dari Blibli, Maybelline, Pixy, Nature Republic, Ponds, dan masih banyak lagi brand atau perusahaan lainnya.
Kumpulkan Database Influencer
Listing influencer sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para KOL Specialist. KOL harus mengumpulkan data-data terkait influencer baik dari Engagement, Followers, Rate Card, dan berbagai metrics lainnya.
Meskipun kadang berubah seiring pertumbuhan dari influencer atau creator, tapi mengumpulkan database lengkap tentunya sangat penting untuk diperhatikan.
Jangan Sampai jadi KOL yang hanya mengandalkan feeling saja untuk pasang rate card maupun menentukan mana influencer yang dipilih.
Aktif dengan Trend Sosial Media
Tak bisa dipungkiri, sebagai KOL, mau tidak mau kita memang harus menjadi orang yang aktif dalam penggunaan sosial media.
Hal ini karena kita perlu mengetahui apa saja yang lagi trend di dunia influencer atau content creator, mulai dari siapa influencer yang lagi viral, konten apa yang lagi banyak dibuat, dan lain sebagainya.
Dengan begitu, kita akan lebih dimudahkan ketika dihadapkan pada penentuan influencer yang sekiranya bagus dan sesuai kriteria.
Menjalin Hubungan Baik dengan Influencer
Balik lagi, KOL itu sangat kental dengan yang namanya negosiasi. Maka dari itu, menjalin hubungan baik dengan influencer tentunya akan sangat membantu! Kita akan lebih mudah negonya, influencer juga lebih mudah setujunya.
Sama kalau kita nego sama temen, bukankah bakal lebih nyaman dibandingkan kita sedang nego sama orang yang tidak kenal baik secara pribadi?
Inilah pentingnya menjalin hubungan baik, tak harus selalu dalam pekerjaan. Kita bisa mulai dari sering berkirim pesan atau sekadar menyapa di akun sosial media pribadi influencer.
Itulah ulasan mengenai pentingnya KOL beauty dalam digital campaign sebuah bisnis dan tips menjadi KOL Specialist. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat dan influencer yang kamu pilih selalu pas kedepannya!