Jasa Maklon Herbal BPOM Murah di Pabrik Terbaik

Bicara soal membuat produk herbal dengan merek sendiri, tentu hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu bagaimana produksinya. Mungkin Anda saat ini sudah terpikirkan mengenai:

  • Nama brandnya apa
  • Siapa target marketnya, dan
  • Bagaimana teknik marketing brand Anda.

Namun, sudahkah Anda memikirkan soal bagaimana proses produksi dari brand Anda? Dimana memproduksi produk herbal sendiri tentu akan memakan waktu, tenaga, serta biaya yang jauh lebih besar!

Maka dari itu, Anda bisa memilih opsi untuk menggunakan jasa maklon herbal agar lebih simpel, praktis, dan murah. Terkait hal itu, Anda sebagai brand owner perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa maklon, nih!

Apa Itu Maklon Herbal dan Contohnya?

Apa Itu Maklon Herbal dan Contohnya

Beberapa dari Anda mungkin baru pernah membaca istilah “maklon” dan belum terbayang isi maupun mekanisme yang ada di dalamnya, ya? Nah, sebelum lebih jauh, lebih baik kita menyamakan persepsi untuk mengartikan apa itu maklon herbal?

Secara bahasa, maklon (yang berasal dari bahasa Belanda “maakloon”) memiliki arti biaya produksi. Kata ini diserap dalam bahasa Indonesia dan memiliki arti upah membuat produk, termasuk produk herbal.

Misalnya Anda adalah pemilik brand obat herbal. Namun, Anda belum memiliki pabrik untuk memproduksi produk tersebut. Jadi, Anda bekerja sama dengan pihak lain (dalam hal ini penyedia jasa maklon herbal) untuk membuat produk Anda dan memberikan upah sesuai dengan kesepakatan.

Sudah terbayang, bukan? Berikut beberapa contoh produk herbal yang diproduksi menggunakan jasa maklon:

  • Flimty
  • Etawalin
  • Skintific

Dan masih banyak lagi contoh produk herbal yang menggunakan jasa maklon. Jika Anda penasaran, coba saja amati. Biasanya di bagian “Diproduksi oleh”, Anda akan menemukan informasi mengenai manufaktur dari produk tersebut ya.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Maklon Produk Herbal?

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Maklon Produk Herbal

Seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap produk herbal, jumlah brand obat herbal yang muncul di pasaran menjadi semakin meningkat. Tentunya, ini menjadi peluang emas bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis di bidang produk herbal.

Menariknya lagi, di era yang serba praktis seperti saat ini, Anda juga bisa menggunakan jasa maklon produk herbal loh! Tentu saja opsi ini akan memberikan berbagai keuntungan, seperti:

  1. Bisa menghemat waktu dan tenaga, karena Anda hanya perlu memaparkan konsep produk tanpa harus memikirkan detail proses pengerjaan teknisnya.
  2. Biaya produksi akan jauh lebih murah, karena Anda tidak perlu membeli mesin atau membayar biaya operasional lainnya, sehingga margin keuntungan bisa lebih besar.
  3. Waktu produksi bisa lebih cepat dan efisien.
  4. Anda bisa mengajukan konsep produk yang unik dan formula yang berbeda. Tentunya hal ini akan menjadi unique selling point yang menarik.
  5. Bebas dari risiko overload saat produksi.
  6. Anda bisa lebih fokus dalam menentukan strategi pemasaran produk.

Pengalaman Herbaleaf.id Dengan Jasa Maklon Herbal

Isna Hardikasari, Team Herbaleaf.id, mempunyai pengalaman dalam mendevelop produk herbal dari rencana produksi sampai produk dipasarkan untuk konsumen. Adapun produk yang dimaksud yaitu Bruv For Men (Produk Kosmetik Herbal) yang Berlokasi di Purbalingga, Jawa Tengah.

contoh produk kosmetik herbal dari jasa maklon

Isna melakukan berbagai tahap dalam proses produksi di pabrik maklon bernama PT. HSI (Hyubusin San Indonesia) yang beralamat lengkap di Jl. Raya Kemangkon No.7, Kemangkon, Kec. Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53381.

Dimulai pada Bulan Oktober 2023, produk yang didevelop Isna mulai dipasarkan pada Bulan Januari 2024, setelah melalui berbagai proses panjang dengan penyedia jasa maklon herbal tersebut. Adapun proses yang dimaksud yaitu seperti menentukan berbagai hal terkait produk, seperti komposisi, jumlah order, packaging, dan masih banyak lagi.

Pentingnya Develop Konsep Produk Sebelum Maklon ke Pabrik

Salah satu kesalahan fatal yang sering dialami oleh brand owner adalah konsep produk yang belum matang, namun sudah menyerahkan proses produksi ke pabrik!

Akibatnya, banyak risiko yang bisa terjadi selama proses produksi,

Misalnya, jika belum jelas dengan detail formulasi herbal yang akan digunakan, bisa saja pabrik akan menggunakan formulasi sendiri yang membuat biaya produksi meningkat drastis (Karena mungkin formulasi yang dipilih pabrik mengharuskan lebih banyak komposisi).

Atau jika belum tahu tentang legalitas, hal itu juga bisa menghambat proses pemasaran produk Anda nantinya (yang mengharuskan punya legalitas terlebih dahulu, sementara produk sudah jadi dan legalitas belum diurus).

Maka dari itu, Anda harus benar-benar menyiapkan konsep produk yang detail. Develop konsep produk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Konsep Dasar Produk

Riset dan analisis mendalam tentang prospek produk di pasar, meliputi kebutuhan pasar, target market, unique selling point, serta strategi kompetitor dalam memasarkan produk.

Brainstorming inovasi yang bisa diterapkan sesuai dengan jenis produk (termasuk memilih jenis produk, kemasan, dan detail terkait).

2. Membuat Desain Packaging

Membantu menyediakan konsep desain kemasan dan label yang eye catching serta informatif.

Membantu menyediakan konsep hero sesuai brand identity jika diperlukan, agar proses komunikasi produk lebih interaktif (add on)

3. Mengurus Legalitas Produk

Memfasilitasi pendaftaran HAKI untuk nama brand yang digunakan (add on).

Membantu proses pendaftaran BPOM agar produk mendapatkan legalitas yang jelas sehingga siap untuk dipasarkan.

4. Menentukan Pabrik Terbaik

Menemukan dan bekerjasama dengan pabrik maklon herbal terbaik untuk Brand Anda

Memanage waktu pengerjaan produk agar produk bisa launching tepat waktu sesuai target.

5. Menyusun Budget Produksi

Membantu membuat rancangan anggaran untuk keseluruhan proses produksi hingga launching produk.

Bernegosiasi dengan pabrik agar bisa mendapatkan harga terbaik sesuai dengan budget yang tersedia.

Mulai Develop Konsep Produk Herbal Anda Sekarang

Herbaleaf.id melalui Isna Hardikasari, menyediakan Jasa Develop Produk Herbal yang akan membantu Anda mendevelop produk agar siap produksi di pabrik nantinya.

Dengan sudah memiliki konsep produk yang jelas dan matang, berarti Anda sudah melewati 50% dari proses menciptakan brand sendiri. Sisanya, baru Anda fokus memilih pabrik yang ideal dan sanggup memproduksi brand yang akan Anda buat sesuai dengan kriteria pada konsep produk yang sudah disiapkan.

Isna bisa membantu Anda untuk mendevelop produk herbal dan kosmetik dari awal hingga produk siap dipasarkan. Untuk kategori produk herbal yang bisa Isna bantu proses developnya yakni:

Herbal:

  • Jamu
  • Madu (Paling Banyak Diminati)
  • Kapsul
  • Sirup
  • Minuman Serbuk
  • Makanan

Skincare:

  • Face Wash
  • Face Scrub
  • Sunscreen (Paling Banyak Diminati)
  • Moisturizer
  • Toner
  • Serum
  • Dan lain-lain

Biaya Jasa Maklon Herbal

Berkenaan dengan biaya maklon herbal, tentu saja setiap penyedia jasa akan menawarkan harga sesuai dengan kebijakan masing-masing. Namun, mahal atau tidaknya biaya Maklon juga tergantung dari beberapa hal, seperti:

  • Kapasitas produksi
  • Jumlah pembelian produk
  • Kualitas produk

Maka dari itu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai produk yang akan digarap, ya! Ini termasuk soal misalnya mau maklon kosmetik, maka harus ditentukan apakah akan menggunakan jasa maklon kosmetik skala kecil (misalnya dengan MOQ 100 pcs) atau skala yang lebih besar. Semuanya perlu pertimbangan dan berhubungan erat dengan konsep development produknya.

Apakah Bisa Maklon Herbal dengan MOQ Rendah?

Sepengalaman kami, produk skincare sangat memungkinkan untuk maklon dengan MOQ (Minimum Of Quantity) yang rendah. Namun, bagaimana dengan produk herbal?

Bisa atau tidaknya kembali lagi pada pabrik yang dipilih. Ada yang memungkinkan untuk maklon bahkan hanya dengan MOQ 1000 Pcs saja. Ada juga yang tidak mau menggarap produk herbal dengan MOQ rendah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa herbal dan skincare cukup berbeda dalam hal MOQ? Jawabannya ada pada HPP (Harga Pokok Produksi). Biasanya, HPP skincare cenderung rendah, sementara herbal cenderung lebih tinggi dari produk skincare.

Jadi, mungkin saja karena pertimbangan itulah banyak pabrik yang belum berkenan untuk mengambil orderan maklon produksi herbal jika MOQ yang diinginkan masih terlalu rendah.

Namun jangan pesimis dulu, dengan bantuan herbaleaf, Anda akan kami usahakan bisa membuat brand herbal dengan jumlah MOQ yang rendah sekalipun! Kami akan bantu cari pabrik terbaik dan mengurus semua hal terkait proses pembuatan brand Anda bersama sampai siap dipasarkan!

Tips Memilih Pabrik Maklon Herbal

Jasa Maklon Herbal Terbaik

Menggunakan jasa maklon untuk produk herbal memang menawarkan banyak keuntungan yang menggiurkan. Meski demikian, Anda perlu mengetahui beberapa hal dasar yang bisa menjadi pertimbangan ketika memilih penyedia jasa maklon herbal murah, ya!

Nah, kurang lebih ini beberapa aspek penting yang perlu Anda cari tahu sebelum memutuskan untuk bekerja sama:

1. Pengalaman

Poin pertama yang harus Anda cari tahu dari profil penyedia jasa maklon adalah pengalaman. Semakin banyak pengalaman, pasti akan sebanding dengan keahlian dalam menggarap produk herbal.

Hal ini juga akan memberikan dampak positif bagi Anda selaku klien agar produk yang dibuat sesuai dengan keinginan, namun memiliki kualitas yang tinggi dan bisa berjalan dengan efektif.

2. Bahan Baku yang Tersedia

Kualitas bahan baku yang unggul tak kalah pentingnya dengan poin pertama. Apalagi ini menyangkut produk berbahan herbal. Tentu Anda ingin produk Anda terbuat dari komposisi bahan alami yang bermutu tinggi, bukan?

Tak hanya itu, mengetahui bahan baku yang ditawarkan oleh penyedia jasa maklon juga akan membantu Anda dalam proses pengerucutan saat dihadapkan dengan beberapa opsi.

Bisa jadi, penyedia jasa maklon di pabrik A hanya bisa memproduksi obat herbal, madu herbal, atau minuman herbal, tapi tidak bisa memproduksi jamu. Atau bisa juga kasusnya sebaliknya.

Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan riset yang mendalam mengenai profil penyedia jasa maklon produk herbal ya! Jika bingung, Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan CS yang biasanya tertera dalam profil.

3. Perizinan dan Sertifikasi

Berbagai perizinan serta sertifikat yang telah dikantongi oleh penyedia jasa maklon produk herbal tentu menjadi jaminan bagi produk Anda, sehingga bisa memenuhi standar keamanan serta kualitas yang ditetapkan.

Pasti Anda tidak mau, kan, kalau produk sudah jadi, tapi harus mengurus BPOM, sertifikat halal MUI, dan berbagai perizinan lainnya secara mandiri? Ribet! Makanya, Anda sebaiknya memilih penyedia jasa maklon herbal yang bisa sekaligus mendaftarkan berbagai perizinan dan sertifikasi yang diperlukan ya!

4. Fasilitas yang Ditawarkan

Anda mungkin sudah paham bahwa membuat produk herbal tidak serta merta menghadirkan produk secara fisiknya saja, namun juga butuh identitas yang khas.

Penggambaran identitas ini bisa dipertegas melalui logo, desain kemasan, label, maupun merek. Jika Anda tidak punya tim untuk memikirkan hal tersebut, Anda bisa memilih jasa maklon yang sekaligus menyediakan dukungan kreatif dan desain sehingga produk Anda menjadi unik.

5. Rancangan Anggaran

Bagi pemula, memikirkan anggaran dan prospek penjualan produk juga menjadi hal yang harus dipikirkan secara detail ya? Maka dari itu, pilihlah jasa maklon produk herbal yang bisa menyesuaikan anggaran yang Anda miliki.

Biasanya, hal ini dapat ditentukan dari beberapa faktor, seperti MOQ (jumlah pesanan minimum) yang tentunya akan lebih murah jika diproduksi dalam jumlah besar, atau formula yang diajukan. Semakin banyak dan “ribet” formulanya, harganya akan semakin mahal.

6. Pengujian Produk

Pengujian efikasi dan keamanan produk pasti menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi terkait dengan produk herbal. Jangan sampai minimnya uji produk menimbulkan isu yang tidak sedap di kemudian hari.

Saatnya order jasa maklon herbal dan mulai bangun brand dengan merek sendiri!

Penawaran Spesial Herbaleaf untuk Marketing Produk Herbal Anda

Selain membuka kerjasama untuk develop brand, kami juga terbuka untuk bekerjasama dengan Anda yang sudah punya brand sebelumnya dan ingin meningkatkan penjualan produk herbal melalui digital marketing.

Seperti yang kita tahu, produk herbal biasanya memang dipasarkan secara online, jadi, jika saat ini produk kamu masih belum menjalankan itu, tentunya bakal kehilangan pasar yang sangat besar!

Banyak brand yang “meledak” di online dan meraih penjualan tinggi. Untuk itu, sekarang saatnya Anda berpikir menjalankan marketing secara online.

Untuk jasa marketing herbal yangg herbaleaf sediakan yakni Google Ads, Facebook Ads, Marketplace Ads, Official Website Brand, dan Social Media Management! Kami memiliki tim yang berpengalaman dalam memasarkan produk herbal dan skincare melalui platform-platform di atas untuk membantu Anda build digital marketing channel yang efektif untuk meningkatkan penjualan brand herbal Anda!