Apakah Susu Etawalin Mengandung Gula? Yuk Cari Tahu Selengkapnya!

Brand Knowledge Etawalin

By Isna Hardikasari

#HerbalConsumers, menjadi konsumen yang teliti akan kandungan produk, terutama gula, kini menjadi keharusan ya. Hal itu mungkin juga menjadi pertimbangan ketika Anda akan membeli susu Etawalin. Lantas, apakah Susu Etawalin Mengandung gula? Yuk simak penjelasannya dalam artikel ini!

Ketika membeli produk susu kemasan, tentu saja Anda perlu memperhatikan beberapa hal, mulai dari manfaat hingga kandungan yang ada di dalamnya, termasuk kadar gula. Tak ketinggalan, hal ini juga berlaku ketika Anda ingin membeli susu Etawalin.

Meskipun Susu Etawalin dikenal sebagai produk susu berbahan herbal, namun mengetahui lebih lanjut mengenai kandungan gula di dalamnya tidak ada salahnya, bukan? Apalagi saat ini kesadaran mengenai penyakit diabetes semakin meningkat.

Nah, biar gak kepanjangan, kita langsung bahas lebih dalam soal seluk beluk kadar gula dalam susu Etawalin ya!

Apakah Susu Etawalin Mengandung Gula?

kandungan gula pada susu etawalin

Susu Etawalin, mendengar dari namanya saja mungkin Anda sudah terbayang ya kalau produk ini punya komposisi utama dari susu kambing etawa. Tak heran, susu ini memiliki cita rasa yang khas dari susu kambing.

Mungkin produk susu kambing tidak setenar produk susu sapi yang banyak terpajang di etalase supermarket ya? Namun, jangan salah! Susu kambing ternyata gak kalah saing dalam memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, loh!

Seperti dikutip dari data USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), berikut ini perbandingan nilai gizi yang terkandung dalam susu kambing jika dibandingkan dengan susu sapi:

Kandungan (per cup)Susu KambingSusu Sapi
Kalori17090-150
Protein (g)98
Lemak (g)100-8
Karbohidrat (g)1112
Laktosa (g)1112
Kalsium (mg)330275-300

Dapat terlihat dari tabel di atas, susu kambing unggul dalam kandungan kalori, protein, lemak, serta kalsium, sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai pelengkap sumber energi harian serta untuk menjaga kesehatan tulang.

Nah, mari kembali ke pertanyaan awal, apakah Susu Etawalin mengandung gula? Jawabannya adalah benar kalau Etawalin mengandung gula. Apakah hal itu baik? Berikut penjelasannya:

Pada dasarnya, susu yang berasal dari mamalia (seperti Etawalin yang berasal dari susu kambing) memang memiliki komponen laktosa, yaitu gula alami yang terdapat dalam susu dan aman untuk dikonsumsi selama jumlahnya tidak berlebihan.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kandungan gula pada susu Etawalin ya! Karena, kadar gula atau laktosa dalam produk ini cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan susu sapi.

Ringkasan Produk:

Nama ProdukEtawalin
Gambarsusu etawalin
Nomor Resmi BPOMTR 222007251
Rating4.9/5.0 ★★★★★ (39.600+ Review)
Total Penjualan79.000+ Box Sold (Shopee)
Voucher & DiskonCek Diskon di Shopee
Produk Serupa Lainnya Etawanesia, Susu Urra, Go Milku, DLL

Kandungan Susu Etawalin dan Komposisinya

susu etawalin

Biar lebih detail, yuk kita bongkar komposisi lengkap serta kandungan yang ada di dalamnya!

Dikutip dari website resmi Etawalin, produk ini terbuat dari perpaduan susu kambing etawa dengan 100% bahan herbal alami yang meliputi:

  • Ekstrak rimpang jahe 100 mg
  • Ekstrak kayu manis 50 mg
  • Ekstrak rimpang temulawak 100 mg
  • Ekstrak daun salam 100 mg
  • Ekstrak sereh 100 mg

Tentunya, perpaduan susu kambing dengan berbagai rempah tersebut membuat produk susu Etawalin memiliki khasiat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Mengenai kandungan zat gizi dalam setiap takaran saji susu Etawalin, Anda bisa lihat di dalam tabel berikut:

KandunganJumlah
Energi122 kkal
Karbohidrat9,4 gram
Lemak6,6 gram
Protein 8,9 gram
Kalsium 38 gram
Serta berbagai vitamin dan mineral lainnya

Baca Juga: Perbedaan Etawalin dan Etawaku.

Susu Etawalin untuk Diabetes Apakah Aman?

Pertanyaan awal mengenai apakah Susu Etawalin mengandung gula telah terjawab. Dari ulasan di atas, mungkin terbersit pertanyaan di benak Anda mengenai apakah produk ini aman untuk penderita diabetes?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk ini, sebaiknya Anda memang perlu tahu bahwa susu Etawalin, meskipun kandungan gula hanya berasal dari susu kambing etawa saja, namun memiliki cita rasa yang manis.

Hal ini juga kerap dibuktikan dari beberapa konten yang dibuat, mengenai ilustrasi produk yang disukai oleh semut gula.

Jadi kesimpulannya, susu Etawalin untuk penderita diabetes sebenarnya tidak dianjurkan ya. Agar informasinya lebih valid, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi produk ini ya!

Baca Juga: Manfaat Susu Etawalin untuk Saraf Kejepit dan Asam Urat.

Apakah Ada Susu yang Tidak Mengandung Gula?

Apakah Ada Susu yang Tidak Mengandung Gula

Pertanyaan yang cukup menarik! Apabila Anda pernah bertanya mengenai hal ini, selamat! Anda bisa menemukan jawabannya dalam artikel ini!

Pada dasarnya, produk susu (dalam kondisi segar) memang bukan menjadi produk yang memiliki kadar gula yang tinggi (bandingkan saja dengan minuman bersoda maupun minuman kemasan lainnya!)

Namun, lain cerita apabila susu yang Anda konsumsi adalah produk kemasan. Kerap kali, produk susu kemasan memang telah ditambahkan perasan dan gula tambahan agar rasanya lebih nikmat.

Nah, jika Anda termasuk orang yang cukup concern dengan kadar gula yang ada di dalam setiap kemasan, dan sedang mencari susu dengan kadar gula paling rendah, Anda bisa mencoba susu almond loh!

Secara alami, susu almond memang tidak mengandung gula sama sekali. Maka dari itu, produk ini sangat baik untuk Anda konsumsi, dengan catatan di dalam komposisinya tidak ditambahkan gula tambahan ya!

Sebagai informasi tambahan, segala jenis susu hewani yang diperah dari mamalia memang mengandung gula alami, yaitu laktosa dengan kadar 2% hingga 8%. Sementara itu, produk susu nabati seperti susu almond, oat, dan sebagainya memiliki kadar gula yang lebih rendah.

Meski demikian, gula alami yang terdapat dalam susu tersebut tidak selalu buruk bagi kesehatan, karena itu merupakan gula sederhana yang justru bisa membantu memberikan energi bagi tubuh.

Itu dia ulasan lengkap mengenai apakah Susu Etawalin mengandung gula hingga pembahasan mengenai susu yang tidak mengandung gula. Pada akhirnya, keputusan untuk mengonsumsi produk susu, baik itu susu segar maupun susu kemasan, ada di tangan Anda. Jadi, pilih dengan bijak ya, #HerbalConsumers!

Ex. Product Innovation Officer di PT. Erdigma Indonesia. Berpengalaman dalam research, develop hingga marketing produk herbal dan skincare. Education Background: Bachelor Degree at Institut Teknologi Bandung (ITB)

Tinggalkan komentar